Konsep Pendidikan Anak Terbaik Menggunakan Al Qur’an

Bumi Islam – Renungan pagi yang semoga menginspirasi anda sekalian berkaitan dengan tema Konsep Pendidikan Anak Terbaik Menggunakan Al Qur’an. Ya karena pada jaman sekarang orang tua dihadapkan pada banyak model pendidikan yang kesannya canggih dan ilmiah. Padahal, apa yang selamanya ‘dimarketingkan’ canggih dan ilmiah itu selalu baik? Mana bukti paling hebat dari penerapan metode itu aja susah dicari. So, inilah hasil pemenungan saya:

Kini, kandungan istri sudah semakin mendekati kelahiran. Aku makin sibuk memikirkan, ini pola asuh, pola pendidikan anak model mana yang diterapkan.
Aku belanja buku banyak mengenai parenting, baca ulang buku perkembangan anak dan literatur dari kampus aku dulu sekolah, download materi pendidikan anak, browsing, bertanya pada orang yang pengalaman, berdoa….

sampai,, jatuh pada kesimpulan pada detik ini (karena aku tersesat masuk baca biografi biografi ulama islam). Apapun aneka model bentuk jurus parenting yang ngetren pada buku pendidikan anak sekarang…

 

Mana sih, dari model pendidikan anak itu yang sudah melahirkan ulama sekelas Imam Ahmad bin Hambal? al Imam Bukhori? Al Imam Asy Syafi’i? walaupun dibumbui dengan aneka bentuk hasil penelitian mutakhir pada abad ini?

Iya memang, tips jurus yang mereka paparkan tetap saja bisa dipakai buat mengeja wantahkan konsep pendidikan para ulama jaman dulu, namun mereka lupa bahwa pendidikan anak tanpa Qur’an, tetap saja anak akan kehilangan ‘nutrisi terbaik’ bagi perkembangan dirinya.

Pribadi besar yang gemilang mana? Generasi dalam islam mana? yang bisa sukses ketika parentingnya tanpa Al Qur’an? serta atas alasan apa para musuh musuh islam demikian gencar dakwahkan 5S (Sains, Song, Sex, Sport, Smoke) dan 4F (Fun, Fashion, Food, Faith) selain jauhkan umat dari Al Qur’an?

Back to basic, pendidikan anak utama dan pertama adalah Al Qur’an, bukan sekedar ajarkan cara bacanya aja di TPA TPA, ajarkan adab, ajarkan hafalan, serta pengamalannya. Calistung dipikir sambil jalan buat tambahan aja.

Bagaimana pendapat anda?

Komentar yang Sesuai dengan Topik Menggunakan Bahasa Sopan, Kami sangat Hargai.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s